Senin, 08 September 2014

Peluang Air Minum Isi Ulang Yang Baik

Apakah Depot air minum isi ulang itu ?
Depot air minum isi ulang adalah suatu usaha yang menyediakan air minum yang di isi ulang, Wadah yang digunakan untuk menampung air minum isi ulang tersebut adalah galon 19liter. usaha Depot air minum isi ulang merupakan usaha yang menunggu bola, yang berarti si pengusaha Depot air minum isi ulang akan menunggu pembeli datang ke tempat usaha Depot air minum isi ulang untuk melakukan isi ulang galon air minum tersebut.
Hal lain yang dapat dilakukan oleh pengusaha Depot air minum isi ulang adalah menyebarkan brosur, promosi atau strategi lainnya. Produk dari Depot air minum isi ulang tidak dapat di pasarkan melalui toko ataupun distributor. Kecuali untuk kalangan sendiri atau kenalan dari pengusaha Depot air minum isi ulang tersebut.
.
Depot Air Minum Isi Ulang
Depot Air Minum Isi Ulang
Usaha Depot air minum isi ulang merupakan usaha yang sangat diminati saat ini, Keadaan dimana air minum isi ulang ber-merk mematok harga yang cukup tinggi, mendorong munculnya bisnis Depot air minum isi ulang dimana-mana. Tidak terlalu tingginya biaya investasi (berkisar belasan hingga ratusan juta) dalam memulai bisnis Depot air minum isi ulang dan perijinan yang tidak terlalu sulit, semakin mempercepat pertumbuhan dari bisnis Depot air minum isi ulang ini.
Besarnya investasi dari Depot air minum isi ulang ini tergantung pada system yang ingin digunakan dalam mengolah air baku menjadi air minum dan Kualitas air baku yang ingin di proses oleh pelaku usaha tersebut.
.
Depot Air Minum Isi Ulang
Partisi pengisian depot air minum isi ulang

Beberapa jenis depot air minum isi ulang berdasarkan teknologinya.

.
  1. Depot air minum isi ulang air mineral

Depot air minum isi ulang ini memproses air dengan menggunakan teknologi sederhana, yaitu menggunakan beberapa pretreatment dan desifectan untuk membunuh bakteri. Sehingga mineral atau partikel yang terdapat dalam air, tetap dipertahankan. Keunggulan dari system air mineral ini adalah minimnya biaya investasi dari mesin yang akan digunakan.
Dan kelemahannya adalah Air baku yang digunakan haruslah air yang berkualitas sangat baik dan tidak mengandung logam berat ataupun partikel terlarut lainnya yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia.
Kelemahan lainnya adalah dibutuhkan perhatian lebih dalam mengontrol dan mengecek setiap air yang dihasilkan dan siap untuk dikonsumsi. Karena tingkat toleransi system ini sangat rendah terhadap fluktuasi kualitas air baku yang akan di proses.
 .Depot air minum isi ulang - air mineral
Filter Depot air minum isi ulang – air mineral
  1. Depot air minum isi ulang Reverse Osmosis

Untuk system yang kedua ini, Selain digunakan pretreatment untuk mengolah air bakunya. Digunakan juga system penyaringan menggunakan reverse osmosis. Penyaringan melewati membrane semi permeable dilakukan setelah air diproses menggunakan pretreatment atau pengolahan awal. Pada penyaringan Reverse osmosis ini.
Hampir semua partikel terlarut, bakteri ataupun virus tersaring berkisar 95-98%.  Sehingga air yang dihasilkan melalui penyaringan reverse osmosis ini hampir mendekati kategori air murni (Total Dissolved Solid 0-10ppm).
Keunggulan dari menggunakan teknologi yang kedua ini adalah toleransi untuk fluktuasi kualitas air lebih tinggi. Tidak memerlukan control yang terlalu intensif seperti pada system damiu yang pertama. Kelemahan dari system yang kedua ini adalah tingginya biaya investasi dari teknologi yang akan digunakan. Berkisar 2-3 kali lipat dari investasi Depot air minum isi ulang yang pertama.
Dan tentunya pengolahan dengan menggunakan system yang kedua ini mempunyai hasil yang jauh lebih berkualitas. Biasanya mineral yang hilang lewat proses penyaringan reverse osmosis ini di tangani dengan menambahkan beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia melalui air yang diminum.
Penjelasan Reverse Osmosis – Wikipedia
Depot air minum isi ulang - Teknologi Reverse Osmosis
Depot air minum isi ulang – Teknologi Reverse Osmosis

Beberapa metode Desifectan pada Depot air minum isi ulang:

  • Lampu Ultraviolet

Metode yang paling umum digunakan dalam Depot air minum isi ulang untuk melakukan sterilisasi atau pembunuhan bakteri adalah dengan menggunakan lampu ultraviolet. Dimana Ultraviolet adalah suatu sinar yang frekwensi tertentu yang dapat membunuh bakteri apabila bakteri tersebut kontak dengan cahaya ultraviolet. Dimana lampu tersebut dimasukan ke dalam sebuah tabung yang kedap air, sehingga air yang akan disterilkan akan terkontaminasi oleh lampu tersebut dan bakterinya akan mati. Dalam Depot air minum isi ulang, ultraviolet akan di letakkan di akhir proses sebelum pengisian kedalam galon.
  • Ozon Generator

Penggunaan Ozon generator tidak sedikit digunakan oleh Depot air minum isi ulang untuk melakukan pembunuhan bakteri atau desifektan. dimana Ozon merupakan gas O3 yang akan kontak dengan bakteri dan virus. Gas O3 tersebut akan di masukkan kedalam tangki hasil yang berbahan stainless dan mensterilkan semua bakteri dan virus yang masih tersisa di tangki hasil depot air minum isi ulang. Dalam pembuatan Depot air minum isi ulang, penggunaan ozon tidaklah mutlak harus digunakan. lain halnya dengan penggunaan ozon generator di pabrik air minum dalam kemasan yang merupakan suatu standar keharusan dari SNI.
 PT. Desalite Tirta Mandiri juga menyediakan beberapa paket untuk pembuatan Depot Air Minum Isi Ulang bagi pelanggan yang ingin membuka usaha isi ulang air minum. Produk yang kami jual sangat berbeda dengan produk yang dijual bebas dipasar, karena kami membuat system penyaringan yang terlebih dahulu disesuaikan dengan kondisi mutu air baku yang digunakan. sehingga kualitas air yang dihasilkan akan jauh lebih terjamin kualitasnya.
Dengan pembuatan mesin yang disesuaikan dengan kondisi air baku air sumber, maka tingkat maintenance pun dapat di minimalkan sehingga consumable cost akan menurun, yang akan membuat biaya produksi air minum menjadi rendah. sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran.
Semua mesin Depot air minum yang dibuat oleh PT DTM, sebelumnya sudah melalui analisa yang mendalam berkaitan dengan air sumber yang dimiliki dan air hasil yang diinginkan. sehingga PT DTM selalu memberikan garansi 6 bulan untuk mesin yang dibuat.
.
Yang menjadi Ruang lingkup pengerjaan PT DTM untuk pengadaan Depot air minum isi ulang ini adalah:
  1. Analisa kualitas air baku
  2. Perancangan desain pretreatment
  3. Perakitan mesin depot isi ulang
  4. pengetesan mesin isi ulang (quality control)
  5. Instalasi kelistrikan
  6. Instalasi Panel kontrol dan measurement
  7. Testing & kommisioning
  8. Training
kami berusaha memberikan sistem yang terbaik dan ter efisien kepada pelanggan kami. disertai dengan pengalaman bertahun-tahun dalam pengerjaan pabrik air minum dalam kemasan. Maka produk yang kami buat dapat bersaing dalam segi kualitas maupun harga.
Dan untuk setiap sistem yang kami buat untuk depot air minum isi ulang, kami memberikan garansi uang kembali, apabila hasil olahan mesin kami tidak memenuhi syarat Air minum yang layak menurut Permenkes 492
Sumber: http://www.tirtamandiri.com/depot-air-minum-isi-ulang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label