Minggu, 27 September 2015

PERSIAPAN DEPOT AIR MINUM

1. LOKASI – adalah cukup menentukan berhasilnya suatu usaha, khususnya usaha air minum. bukan tempat yg strategis, di pinggir jalan besar, tetapi yang penting di daerah sekitar anda banyak penduduk, semakin padat semakin baik. jadi tempat untuk usaha ini tidak perlu di pinggir jalan besar maupun strategis. tempat usaha di dalam / masuk gang pun tidak masalah !
2. RUANG 2X 3 M, KERAMIK PUTIH – minimal 3 x 2 m, dan sebaiknya di keramik putih, sesuai dengan syarat dinas kesehatan.
3. SALURAN AIR BAKU (PAM / AIR TANAH) DI RUANG TERSEBUT – sebaiknya anda siapkan dulu saluran air baku di ruang yang akan pergunakan untuk usaha depot air minum, dan apabila memungkinkan, pasang washtafel (u/ cuci tangan di bagian depan)
4. DAYA LISTRIK MIN.900 WATT (TERGANTUNG KAPASITAS MESIN) – hitung lah pemakaian daya listrik di tempat anda, spt lampu, kulkas, tv dan lainnya. mesin fujiro minimal menggunakan daya 185 watt untuk produksi air minum.
5. BUDGET / DANA YANG TERSEDIA UNTUK MODAL USAHA – ini adalah sangat penting dan konsultasikan dengan fujiro masalah ini dengan terbuka, karena sangat menentukan langkah anda dalam usaha air minum ini. modal paling sedikit untuk menjual air minum adalah 5 juta, dan modal untuk buka depot air minum adalah 20 juta.
6. BUDGET / DANA DIBUTUHKAN UNTUK PEMBELIAN :
a. Pompa Filter media
b. Filter Media
c. Sedimen 1 mikron
d. Tangki Air Baku
e. Pompa Supply Mesin
f. Mesin FujiRO
g. Tangki Air FujiRO
h. Pompa Pengisian dan Bilas
i. Sedimen 1 mikron (finishing)
j. Ultra Violet
k. Lemari Pengisian
l. Ongkos Kirim
m. Ongkos Pemasangan
n. Mesin Cuci Galon
o. Mesin Segel Galon
p. Tutup – Tissue
q. Galon
r. Keranjang Galon
s. Brosur
t. Poster Dinding
u. Spanduk
v. Nota Penjualan
w. Stempel
x. Uji Laboratorium
y. Ijin SIUP, NPWP, TDI, TDP, HO
z. Uang Muka Motor
7. SDM – KARYAWAN
– Operator Mesin (bagian Produksi)
– Administrasi
– Delivery
SDM ini sebaiknya anda persiapkan jauh sebelum mesin dipasang, agar anda tidak terburu-buru untuk merekrut SDM, karena SDM adalah salah satu factor penting dalam menjalankan usaha ini. SDM yang diperlukan tidak perlu yg berpengalaman maupun tingkat pendidikan yang tinggi.
Yang PENTING dalam merekrut SDM adalah :
a. Jujur
b. Rajin
c. Bersih
d. Rapi
e. Manut alias NURUT
8. STRATEGY PROMOSI, PEMASARAN DAN PENJUALAN – Hal ini lah factor yang paling penting. Karena hampir 60-70% sukses atau gagal nya usaha ini tergantung strategy ini. FUJIRO akan memberikan strategy yang sesuai dengan lokasi dan daerah sekitar anda. karena strategy yang baik di suatu tempat, belum tentuk cocok bila diaplikasikan di tempat anda bukan ?
Inilah salah satu kelebihan FUJIRO adalah faktor yang satu ini yg tidak anda dapat dimanapun… ya dimanapun !
mengapa FUJIRO yakin dengan strategy yang diberikan kepada anda ? karena FUJIRO juga membuka depot air minum di berbagai kota sejak 2001 , sehingga pengalaman dalam menjual air, anda bisa bayangkan bukan ?
9. SYSTEM MANAGEMENT OPERASIONAL
Setelah Strategy yang baik, ada satu lagi yang penting yaitu System Management Operasional, sehingga anda dapat menjaga usaha anda tetap termonitor secara RAPI dan STABIL dari masa ke masa.
10. TANGGAL PEMBUKAAN
– Memang semua hari adalah baik. FujiRO mempunyai sedikit masukan tata cara kepercayaan jawa yaitu dalam perhitungan hari pasaran yang tidak bertentangan dengan weton.
– Kalau bisa, jangan pilih hari Selasa untuk Pembukaan.
– Carilah Jumlah Hari dan Pasaran : 12, tetapi tidak bertentangan dengan weton, dan letak tempat usaha tersebut menghadap kemana.
Contoh Hari berjumlah 12 :
Minggu Pon (minggu 5 – Pon 7) – tdk u/ tempat usaha hadap UTARA
Senin Kliwon (senin 4 – Kliwon 8) – tdk u/ tempat usaha hadap TIMUR
Rebo Legi (rebo 7 – Legi 5) – tdk u/ tempat usaha hadap SELATAN
Kemis Wage (kemis 8 –Wage 4) – tempat usaha hadap mana aja boleh
Semoga Bermanfaat….
Sumber: http://fujiro.com/persiapan-depot-air-minum.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label