Sabtu, 26 September 2015

Manfaat Membuat Mainan Mobil-Mobilan dari Barang-Barang Bekas

Manfaat Membuat Mainan Mobil-Mobilan dari Barang-Barang Bekas


Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, banyak sekali model mainan mobil-mobilan yang ada di pasaran yang bisa Abi dan Ummi dapatkan. Ada jenis mobil-mobilan yang menggunakan baterai, aki, dan remote control. Modelnya pun beragam. Siapa yang tidak mau, semua anak pasti menginginkannya, tetapi mungkin mainan tersebut harganya di luar jangkauan atau mungkin anak-anak mudah bosan. Sebelum membelikan anak mainan mobil-mobilan, ada baiknya Abi dan Ummi mengenalkan cara membuat mainan mobil-mobilan sendiri dengan menggunakan barang-barang bekas. Apa saja manfaat membuat mainan sendiri? Selain itu, apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan? Simak pembahasannya dalam artikel ini. Check this out!

Manfaat Membuat Mainan Sendiri

Pernahkan Abi dan Ummi sewaktu kecil membuat mainan sendiri? Jika ya, tentu masa-masa tersebut begitu menyenangkan. Biasanya mainan yang dibuat sendiri lebih lama dan awet dimainkan karena ada perasaan bangga dan bahagia saat bermain menggunakan mainan hasil karya sendiri. Bagaimana jika hal tersebut kita tularkan kepada anak-anak? Selain lebih hemat, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membuat mainan sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Coba perhatikan, anak-anak akan terlihat begitu asyik saat membuat mainannya sendiri. Ia sedang melatih membuat sesuatu berdasarkan imajinasinya.
  2. Lewat proses membuat mainan tersebut, anak belajar cara memecahkan masalah, belajar teliti, sabar, dan tekun.
  3. Belajar mengenai bahan, bentuk, dan warna.
  4. Mainan yang sederhana jauh lebih awet dan lama dimainkan.
  5. Memberikan stimulus anak menjadi lebih kreatif dan mandiri.
  6. Mengolah barang-barang bekas menjadi sesuatu yang baru dan unik.
  7. Memanfaatkan barang-barang bekas merupakan salah satu cara mengurangi sampah dan ini merupakan salah satu sikap peduli terhadap lingkungan.

Jenis-Jenis Barang Bekas untuk Membuat Mainan Mobil-Mobilan

Ada banyak barang-barang bekas di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk bahan membuat mainan mobil-mobilan bersama anak, di antaranya sebagai berikut.

a. Mainan Mobil-Mobilan dari Kardus Bekas

Mainan Mobil-Mobilan dari Kardus Bekas
Mainan mobil-mobilan dari kardus bekas. (sumber: ayahbundaazzam.files.wordpress.com)
 Jika di rumah ada kardus-kardus bekas, seperti kardus kosmetik dan kardus susu, jangan dibuang. Bahan-bahan tersebut bisa disulap menjadi mainan mobil-mobilan. Caranya cukup mudah. Kardus ditumpuk-tumpuk disesuaikan dengan ukuran. Setelah itu, rekatkan dengan lem sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Agar lebih menarik, kardus-kardus tersebut bisa dibungkus menggunakan kertas koran atau kertas warna warni.

b. Mainan Mobil-Mobilan dari Kulit Jeruk Bali

Mainan Mobil-Mobilan dari Kulit Jeruk Bali
Mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk bali. (sumber: 3.bp.blogspot.com)
Mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk merupakan mainan tempo dulu. Zaman sekarang jeruk bali termasuk buah-buahan yang jarang didapat. Jika tidak ada jeruk bali, kita bisa menggunakan kulit semangka. Pada zamannya, mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk sangat digemari oleh anak-anak.

c Mainan Mobil-Mobilan dari Botol Plastik

Mainan Mobil-Mobilan dari Botol Plastik
Mainan mobil-mobilan dari botol plastik. (sumber: mamaray.files.wordpress.com)
Botol plastik minuman menjadi salah satu jenis sampah yang banyak ditemukan. Botol kemasan minuman plastik ini bisa menjadi mainan mobil-mobilan yang menarik. Untuk membuat bannya bisa menggunakan tutup botolnya. Agar mobil-mobilan menjadi terlihat lebih menarik, bisa ditambah dengan warna-warni cat.
Selain 3 jenis barang bekas tersebut, masih banyak barang bekas lain yang bisa dimanfaatkan menjadi bahan membuat mainan mobil-mobilan, seperti sandal jepit dan gabus. Setelah memilih jenis bahan yang akan digunakan, siapkan juga bahan lainnya, seperti lem, gunting, dan tali. Ada baiknya Abi dan Ummi turut serta membantu atau mendampingi saat anak membuat mainan. Masalah bentuk dan kreasi bisa serahkan ke anak. Namun, jika anak bingung untuk memulainya, Abi dan Ummi bisa memberikan contoh cara membuatnya.
Yuk, tunggu apa lagi. Dengan semangat do it yourself, Abi dan Ummi bisa mengajarkan bagaimana memanfaatkan barang-barang bekas menjadi mainan mobil-mobilan yang unik. Selamat berkreasi!
Sumber: http://abiummi.com/manfaat-membuat-mainan-mobil-mobilan-dari-barang-barang-bekas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label